Administrator

    Administrator

    Sertifikat Akreditasi Jurnal Jaffray Peringkat 2 (SINTA 2) berdasarkan

    No SK:21/E/KPT/2018
    Started from: Volume 14 No. 1 April 2016 until Volume 18 N0. 2 Oktober 2020.

    Puji syukur kepada Tuhan Yesus karena kemurahan-Nya maka Jurnal Jaffray akhirnya dapat terakreditasi nasional sebagai Peringkat 2 berdasarkan SK Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 21/E/KPT/2018 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2018. Sekilas perjalanan panjang Jurnal Jaffray sejak 2003 hingga tahun 2018. Pada tahun 2007 ISSN cetak Jurnal Jaffray terbit. Keseriusan pengelola Jurnal Jaffray untuk terbit dua kali setahun setiap April dan Oktober ditunjukkan mulai tahun 2009. Hingga tahun 2014, pengelola jurnal memberanikan untuk mengajukan akreditasi jurnal ilmiah cetak. Awal April 2014 mendapatkan panggilan untuk menghadiri Workshop Pengelolaan Jurnal di Bogor. Hasilnya adalah berbenah diri setelah dinyatakan tidak terakreditasi. Bulan Desember 2014 edaran baru jurnal mengharuskan penggunaan sistem pengelolaan jurnal berbasis Open Journal System (OJS). Maka pada bulan Januari 2015 Jurnal Jaffray sudah membangun sistem tersebut. Salah satu yang berperan penting adalah sahabat Laksamana Adam Pascal, mahasiswa STF Jaffray dibantu oleh Bapak Muhammad Akmal sebagai Web designer. Pengelola Jurnal Jaffray mulai berbenah diri dalam segal hal termasuk manajemen jurnal, ketersediaan naskah, mitra bebestari, penulis, dan dukungan dana dari institusi sejak kepemimpinan Dr. Daniel Ronda hingga Dr. Peniel Maiaweng. Pengelola mengikuti berbagai workshop yang dilakukan oleh Kemenristekdikti dan mengikuti edaran terbaru dalam pedoman akreditasi jurnal nasional. Tahun 2017 Jurnal Jaffray mendapatkan hibah tata kelola jurnal dan pada bulan Januari 2018 mengusulkan untuk akreditasi Jurnal ilmiah. Setelah sala satu pengelola Jurnal Jaffray, Queency Christie Wauran hadir di Surabaya maka besar harapan kami bahwa kami bisa terakreditasi dalam SINTA. Akhirnya kami terindeks di SINTA 3 dan pada bulan Juli sudah terindeks SINTA 2.

    Terima kasih sedalam-dalamnya kepada pengelola Jurnal tahun 2003 hingga tahun 2018 dan para pemimpin STT Jaffray pada masa tersebut yang telah menghidupkan dan mengembangkan Jurnal jaffray dalam segala keterbatasan hingga saat ini berbuah hasil yang indah. Jurnal Jaffray ada hingga saat ini karena sumbangsih penulis, para pakar sebagai reviewer, dan editorial Board luar negeri yang telah membantu. Semua pihak yang telah berkontribusi kepada Jurnal Jaffray.

    Salam dan doa,

     

    Hengki Wijaya, M.Th

    Chief of Editor

    Thursday, 17 May 2018 10:45

    Ulasan Kegiatan NUDC dan KDMI 2018

    Ulasan Kegiatan NUDC dan KDMI 2018

    NUDC (National University Debating Championship) adalah perlombaan debat tingkat nasional, yang membahas mengenai permasalahan-permasalahan sosial yang sedang beredar, baik nasional maupun internasional. Dalam aplikasinya, setiap peserta harus mengemukakan pendapatnya dalam bahasa Inggris. Debat ini dilaksanakan setiap tahun dan diikuti oleh PTN dan PTS diseluruh wilayah Indonesia.

    Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) adalah perlombaan debat tingkat yang nasional, dimana dalam aplikasinya setiap peserta mengemukakan pendapatnya dalam bahasa Indonesia. Berbeda dengan NUDC, KDMI merupakan kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia di tahun 2018 ini. Untuk itu, seluruh peserta tahun ini (diseluruh wilayah Indonesia) merupakan peserta pertama kegiatan KDMI.

    Untuk wilayah Sulawesi, kegiatan NUDC dan KDMI dilaksanakan di Kantor Kopertis Wilayah IX, Jl. Bung Km.09 Tamalanrea, Makassar, dan diikuti oleh kurang lebih 72 PTN dan PTS (untuk NUDC) dan 60 PTN dan PTS (untuk KDMI) dari seluruh propinsi.

    Kegiatan NUDC menerapkan sistem British Parliamentary (BP), yang digunakan dalam World University Debating Championship (WUDC) atau lomba debat antar perguruan tinggi tingkat dunia. Dalam pelaksanaannya NUDC dibagi dalam beberapa sesi. Ada 4 babak penyisihan (Preliminary Round), Octo Final (perdelapan final), Quarter Final (perempat final), Semi Final dan Grand Final. Setelah seluruh peserta mengikuti babak penyisihan, setiap VP (Victory Point) dan Best Speaker Score yang didapat akan diakumulasi dan langsung diurutkan sesuai dengan jumlah nilai yang didapatkan masing-masing universitas dan sekolah tinggi.

    Berbeda dengan NUDC, sistem yang digunakan dalam KDMI adalah Asian Parliamentary (AP). Setiap tim diwajibkan untuk mengikuti 3 kali tarung (perdebatan). Dari jumlah kemenangan dan jumlah poin yang dikumpulkan selama mengikuti 3 kali perdebatan tersebut kemudian akan ditentukan tim-tim yang masuk dalam 16 besar. Tim yang berhasil memenangkan pertarungan di babak 16 besar akan masuk dalam 8 besar, kemudian Semi Final dan Grand Final.

    Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa. Selain dapat melatih mahasiswa untuk berpikir kritis terhadap suatu keadaan, kemampuan mahasiswa dalam hal public speaking juga mengalami perkembangan yang signifikan.

    Adapun dalam kegiatan NUDC tahun ini, tim STT Jaffray Makassar yang terdiri atas Yosua Tabuni dan Richard Bill Sumigar sebagai debaters serta Suzana Claudia sebagai adjudicator, berhasil menduduki posisi 17 dari 72 universitas dan sekolah-sekolah tinggi se-Sulawesi. Sementara itu, dalam kegiatan KDMI tahun ini, tim STFT Jaffray Makassar yang terdiri atas Delvi Fransiska, Fajar Gumelar dan Renaldi Rouw sebagai pendebat serta Helber sebagai adjudicator, berhasil menduduki posisi 16 dari 60 universitas dan sekolah-sekolah tinggi se-Sulawesi.

    Diharapkan ditahun yang akan datang, STFT Jaffray Makassar dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik lagi untuk menghadapi NUDC dan KDMI, sehingga STFT Jaffray Makassar dapat meningkatkan prestasinya di ajang bergengsi ini bahkan tampil sebagai juara, to the glory of God Almighty (FG).

    Laporan Ketua

    Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray Makassar

    Dalam Rangka Wisuda Sarjana ke 44

    dan Pascasarjana ke 30

    15 September 2018

     

    Yth. Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI.

    Yth. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX Sulawesi.

    Yth. Ketua Gereja Kemah Injil Indonesia.

    Yth. Pembimas Kristen Protestan Kemenag Sulsel.

    Yth. Ketua Wilayah GKII Intim I dan Ketua Derah GKII I Makassar.

    Yth. Pembimas Kristen Kotamadya Makassar.

    Yth. Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Jaffray.

    Yth. BPP Ikatan Alumni STFT Jaffray Makassar dan BP Ikatan Alumi STFTJ Makassar Raya.

    Yth. Bapak-bapak/Ibu-ibu para Sahabat dan sponsor STFT Jaffray.

    Yth. Pimpinan dan segenap civitas akademika STFT Jaffray.

    Yth. Para gembala dan penginjil gereja-gereja sahabat.

    Yang berbahagia Para wisudawan/wisudawati beserta orang tua dan keluarganya.

    Salam sejahtera untuk kita semua,

    Pada kesempatan yang berbahagia ini perkenankanlah saya untuk memberikan laporan tentang perkembangan Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray Makassar hingga awal tahun pembelajaran 2018/2019.

     

    I.Kepemimpinan

    Berdasarkan rapat pimpinan STF Theologia Jaffray dan Yayasan Pendidikan Jaffray tanggal 9 Agustus 2018, memutuskan bahwa:

    A. Direktur Pascasarjana dijabat oleh Pdt. Dr. Yunus Laukapitang.

    B.Ketua Program Studi S1 PAK dijabat oleh Parel Tanyit, M.Pd.K. Pelantikan telah dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2018.

    II.Wisudawan, Mahasiswa Baru, Mahasiswa Reguler

    A. Wisudawan tahun 2018

    1.S1 sebanyak 61 orang.

    2.S2 sebanyak 24 orang.

    3.S3 sebanyak 2 orang (wisuda telah dilaksanakan pada tanggal 31Agustus 2018).

    Total wisudawan sebanyak 88 orang.

    4.Pada tahun ini, untuk pertama kali STFT Jaffray memberikan hasil Test TOEFL terakhir dan SKPI (Surat Keterangan Pendampingan Ijazah) yang menginformasikan progres perkembangan mahasiswa tentang sikap, pengetahun, dan keterampilan selama kuliah di STFT Jaffray Makassar kepada semua wisudawan S1.

    5.Pada Wisuda tahun ini, STFT Jaffray Makassar untuk pertama kali menamatkan 5 orang mahasiswa Pogram Studi S2 Teologi konsentrasi Studi Biblika.

    B.Mahasiswa baru:

    1.Jenjang S1: Jumlah calon maba S1 yang mengikuti tes sebanyak 120 orang, yang diterima sebanyak 116 orang.

    2.Jenjang S2: Jumlah calon maba S2 yang mengikuti tes sebanyak 17 orang, yang diterima sebanyak 17 orang.

    3.Jenjang S3: Jumlah calon maba S3 yang mengikuti tes sebanyak 5 orang, yang diterima sebanyak 5 orang.

    C. Mahasiswa Reguler tahun pembelajaran 2018/2019

    1.Jumlah mahasiswa S1 sebanyak 472 orang.

    2.Jumlah mahasiswa S2 sebanyak 86 orang.

    3.Jumlah mahasiswa S3 sebanyak 52 orang.

    Total jumlah mahasiswa yang aktif semester Ganjil 2018/2019 adalah 610 orang.

    4.Dari jumlah mahasiswa yang ada, terdapat 3 orang mahasiswa asing, yaitu 1 dari Malaysia dan 2 dari China.

    D. Alumni

    1.Ikatan Alumni STFT Jaffray Makassar Pusat telah membentuk pengurus ikatan alumni daerah Makassar Raya, Pegunungan Wamena, Samarinda/Balikpapan, Malinau Kaltara, Bulungan Kaltara, Kupang NTT, Alor NTT, Jayapura Papua.

    2.Tanggal 3 April 2018, Ikatan Alumni STFT Jaffray Makassar Raya telah menyumbang 5 buah papan tulis kaca kepada STFT Jaffray Makassar.

    3.Para alumni STFT Jaffray Makassar telah menyumbang dana sebesar Rp 20.517.000,- untuk pembangunan rumah dosen.

    4.Tanggal 25 Mei 2018, Ikatan Alumni STFT Jaffray Makassar Raya telah menyumbang 6 buah tong sampah berukuran besar kepada STFT Jaffray Makassar.

    5.Pada tanggal 28-29 Mei 2018, IKA Alumni STFT Jaffray Pusat bersama para ketua-ketua Alumni STFT Jaffray cabang/daerah telah melaksanakan Rapat Kerja di Wisata Pantai Makassar dan berkomitmen untuk mendukung salah satu program STFT Jaffray Makassar, yaitu perekrutan calon mahasiswa baru untuk mencapai target 100-120 calon mahasiswa baru setiap tahun ajaran baru.

    6.IKA STFT Jaffray Makassar sedang mengembangkan aplikasi untuk Media Komunikasi dan Promosi IKA, yaitu IKA STFT Jaffray Makassar.

    III.Pengembangan Layanan Pusat Karir (PLPK)

    A. Tanggal 21 Maret 2018, STFT Jaffray Makassar teleh membentuk lembaga Pengembangan Layanan Pusat Karir (PLPK)

    B.Tanggal 24 Juli 2018 PLPK STFT Jaffray Makassar telah mendapat dana hibah dari Kemenristek Dikti sebesar Rp 20.000.000,- untuk kegiatan lembaga ini.

    C. Kegiatan PLPK STFT Jaffray Makassar:

    1. 28-29 Mei 2018 PLPK STFT Jaffray Makassar telah melaksanakan sosialisasi kepada Pengurus IKATAN Alumni STFT Jaffray se Indonesia.

    2.Tanggal 27-29 Agustus 2018, telah dilaksanakan Pelatihan Kewirausahaan dan Pelatihan Pelayanan Anak dan Remaja kepada 32 orang alumni.

    3.Tanggal 11 September 2018, PLPK STFT Jaffray Makassar bekerjasama dengan Serving in Mission telah melaksanakan seminar misi untuk menginformasikan peluang pelayanan misi dalam dan luar negeri kepada semua wisudawan.

    IV.Prodi dan Pengembangan Kurikulum

    A. STFT Jaffray Memiliki 4 Prodi, yaitu S1 Teologi (Konsentrasi Teologi dan Musik), S1 PAK (Konsentrasi PAK dan PAR), S2 Teologi (Konsentrasi Teologi, Konseling, HCD, Studi Biblika, PAK), dan S3 Teologi Praktika. Semuanya Terakreditasi BAN PT peringkat B.

    B.STFT Jaffray akan melaksanakan Revisi kurikulum berbasis KKNI dan Revolusi Industri 4.0 yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Ivan Th. J. Weismann, M.Hum sebagai persiapan reakreditasi.

    C. Pada tahun ajaran 2018/2019 STFT Jaffray telah memulai Prodi S1 Teologi Konsentrasi Konseling Pastoral.

    V.Reakreditasi

    A. Pengusulan Akreditasi

    1.Pengusulan Reakreditasi S1 PAK bulan Desember 2018.

    2.Pengusulan Reakreditasi S1 Teologi bulan Juli 2019.

    3.Pengusulan Reakreditasi S2 Teologi bulan Juli 2019.

    B.Ketua Panitia Reakreditasi semua Prodi adalah Pdt. Dr. Ivan Th. J. Weismann, M.Hum.

    VI.Dosen dan Tenaga Kependidikan

    A. Dosen

    1.Jumlah tetap sebanyak 28 orang, yang terdiri dari 16 orang dosen nasional dan 12 orang dosen tetap khusus.

    2.STFT Jaffray sedang menyekolahkan 5 orang dosen ke jenjang program S3.

    3.Untuk pengembangan ke depan, Tahun ajaran 2018/2019, STFT Jaffray Makassar akan menyekolahkan 4 orang dosen muda untuk program Doktoral sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.

    4.Periode 2016-2021, STFT Jaffray Makassar sedang mengupayakan 2 orang dosen untuk memperoleh jabatan fungsional Guru Besar untuk memenuhi persyaratan akreditasi S3.

    5.STFT Jaffray Makassar masih berupaya untuk merekrut calon dosen musik dari alumni dan mencari biaya pendidikan untuk program S2 musik.

    B.Karyawan

    1.Jumlah karyawan STFT Jaffray Makassar sebanyak 24 orang (18 orang tenaga kependidikan, 3 cleaning service, dan 3 satpam).

    2.Tahun ajaran 2018/2019, STFT Jaffray Makassar akan merekrut 2 tenaga kependidikan IT untuk administrasi akademik dan administrasi keuangan.

    VII.Pendanaan dan Sarana/Prasarana

    A. Pendanaan

    1.Pendapatan: Penerimaan BPP, Penerimaan SPP, Persembahan Kasih dari Gereja, Persembahan Kasih dari Lembaga dan Pribadi, Pendapatan Lainnya (yang tidak tetap).

    2. 85 % sumber pendapatan STFT Jaffray Makassar adalah pembayaran registrasi mahasiswa. 13 % sumber pendapatan adalah dukungan gereja-gereja sahabat, pengurus Yayasan Pendidikan Jaffray, dan para donatur. 2 % sumber pendapatan adalah hasil penyewaan kapel, guest house, aula, dan lapangan bulu

    3.Penggajian dosen dan karyawan.

    a. Pada Januari 2018, STFT Jaffray menaikkan gaji pokok berdasarkan perubahan rentangan masa kerja dari 5 tahun menjadi 3 tahun.

    b.Setiap akhir bulan Agustus, STFT Jaffray Makassar memberikan Bonus Akhir Tahun Ajaran kepada para dosen dan karyawan.

    4.Laporan keuangan STFT Jaffray Makassar diberikan kepada Yayasan Pendidikan Jaffray setiap akhir bulan dan setiap tahun dilaporkan kepada BPP GKII.

    B.Sarana/Prasarana

    1.STFT Jaffray sedang membangun perumahan dosen tiga lantai. Setiap lantai terdapat 3 rumah. Pembiayaan sebesar Rp 2,4 M. Sumber dana adalah pengurus Yayasan Pendidikan Jaffray, para dosen, para mahasiswa, para alumni, para mitra sekolah, dan gereja-gereja sahabat. Sekarang sedang dilaksanakan pemasangan beton dan dinding bata lantai 3.

    2.STFT Jaffray mengikuti Hibah Pembinaan yang dikompetisikan oleh Kemenristekdikti secara nasional dan pada tanggal 14 April 2018 telah menandatangi kontrak dengan DIKTI untuk pengadaan barang sebesar Rp 544.206.465 untuk pengadaan Laboratorium Bahasa dan segala kelengkapannya, Laboratorium Micro Teaching dan segala kelengkapannya, serta 6 LCD Projector dan 6 Printer Inject yang akan diberikan pada tahun pertengahan tahun ini. Semua peralatan dan kelengkapan Lab. Bahasa, Lab. Micro Teaching, dan peralatan lainnya telah diterima oleh STFT Jaffray.

    3.Penggantian plafon dan atap gedung A yang rencara awal akan dilaksanakan pada bulan Juli 2018, ditunda hingga Juli 2019 karena dilaksanakannya beberapa kegiatan besar selama masa liburan.

    4.Konsekuensi dari jumlah penerimaan mahasiswa baru setiap tahun ajaran rata-rata di atas 100 orang adalah penambahan prasarana. Untuk itu, prospek pengembangan prasarana ke depan adalah penambahan ruang kuliah, perluasan kapel, pembangunan asrama puteri dengan kapasitas/daya tampung yang lebih besar, dan perluasan kamar makan.

    VIII.Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

    A. Penelitian

    1.Setiap semester STFT Jaffray menyisihkan dana penelitian sebesar Rp 10.000.000,- untuk penelitian dua orang dosen dan/atau penulisan buku yang ber ISBN. Tahun ajaran 2017/2018 diberikan kepada Sdr. Hengki Wijaya, M.Th., dan Pdt. Dr. Ivan Weismann, M.Hum masing-masing sebesar Rp 5.000.000,-

    2.Keputusan Kemenristekdikti No 21/E/KPT/2018, tanggal 9 Juli 2018 tentang Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2018, menyatakan bahwa Jurnal Jaffray telah Terakreditasi DIKTI Peringkat SINTA 2 (Volume 14 Nomor 1 Tahun 2016 sampai Volume 18 Nomor 2 Tahun 2020). Terima kasih kepada Bapak Hengki Wijaya, M.Th., dan semua pengurus Lembaga Penelitian dan Penerbitan STFT Jaffray Makassar.

    3.STFT Jaffray tetap mengupayakan artikel-artikel pada Jurnal Jaffray memiliki DOI (Digital Object Identifier) dengan membayar $ 275 per-tahun agar tetap terindeks di Crossref.

    4.STFT Jaffray sedang dalam proses pengembangan Repositori untuk mengonlinekan Skripsi, Tesis, dan Disertasi (http://repository.sttjaffray.ac.id)

    B.Pengabdian kepada Masyarakat.

    1.Pelayanan Misi/Promosi

    a.Pada liburan tahunan akhir Juni – akhir Juli 2018, STFT Jaffray mengutus tim Permata ke Toraja Sulsel, Tim Smirna ke Kutai Barat Kaltim, dan Tim Flobamora ke Sumba Timur NTT.

    b. LMPM STFT Jaffray Makassar mengadopsi pelayanan terhadap suku Tatimba dan Marumata di desa Pulu Panjang Kecamatan Nggaha Ori Angu Sumba Timur NTT sebagai daerah sasaran penginjilan untuk dilayani setiap tahun oleh mahasiswa asal Nusa Tenggara Timur.

    c. Dalam Pelayanan ke Awan Toraja pada awal Juli 2018, STFT Jaffray telah menyumbang 50 Sak semen dan bersama BPD GKII Tana Toraja melaksanakan peletakan batu pertama untuk pembangunan gedung gereja Pos PI GKII Awan Toraja.

    2.Misi Luar Negeri

    a. Tanggal 31 Agustus 2018, STFT Jaffray telah melaksanakan Doa Peneguhan Misionari yang akan diutus ke Myanmar, yaitu Sdr. Queency Wauran, M. Th.

    b.Direncanakan bulan November 2018, 2 orang dosen STFT Jaffray dan Sdr. Queency Christie Wauran, M. Th., akan melaksanakan survey ke Myanmar.

    c.Setiap semester STFT Jaffray menyisihkan 2% dari pemasukan BPP untuk pembiayaan misi di Myanmar. Diperkirakan pada saat pengutusan (direncanakan Mei 2020), dana yang terkumpul sebesar kurang lebih Rp 200.000.000,- Dana yang telah terkumpul hingga saat ini sebesar Rp 98.778.763.

    IX.Kerjasama

    A. Kerjasama dalam negeri.

    1.STFT Jaffray telah menandatangani kerja sama dengan Jaringan Penduli Anak Bangsa Pusat di Kantor GKII Pusat padaÂÂ tanggal 4 Februari 2018.

    2.STFT Jaffray masih bekerja sama dengan Haggai Institut untuk pelatihan kepemimpinan bagi para alumni setiap bulan September.

    3.STFT Jaffray bekerja sama dengan Perkantas Nasional untuk melaksanakan Seminar Sola Scriptura setiap dua tahun.

    4.Kerja sama dengan LK3 untuk Program Konseling S2 akan berakhir 2020. Untuk itu, sejak tahun ajaran 2017/2018, STFT Jaffray tidak menerima mahasiswa baru S2 Konsentrasi Konseling.

    B.Kerjasama luar negeri.

    1.STFTJ Makassar masih bekerja sama dengan C&MA USA, Hosanna Presbyterian Church South Korea, Pioneer Australia, C&MA Belanda untuk mendatangkan para rohaniawan yang melayani di STFTJ Makassar.

    2.Rencana kelanjutan kerja sama dengan Alliance Biblical Seminary Hongkong adalah dari pengutusan rohaniawan tamu setiap tahun ajaran ditingkatkan menjadi pengutusan misi sebagai tenaga rohaniawan tetap di STFT Jaffray.

    3.STFT Jaffray Makassar berencana untuk bekerjasama dengan C&MA Canada untuk mendatangkan Dr. Benjamin Elliot sebagai rohaniawan tamu program pascasarjana.

    X.Dukungan/Bantuan Kamar Makan

    A. Pada bulan Maret 2018, STFT Jaffray Makassar telah bermohon kepada GKY Makassar untuk meneruskan dukungan beras sebanyak 1,5 ton setiap bulan. GKY Makassar telah menyetujuinya dengan memberikan bantuan lanjutan April 2018-April 2019.

    B.Pada semester ganjil, kamar makan dibuka kembali, dengan harga Rp 1.700.000,- per semester (tiga kali makan), yang pengelolaannya diatur oleh Wakil Ketua III bagian Akademik, Ibu Tri Supartini Ludong, M. Th.

    C. Dukungan yang masih tetap diperoleh adalah

    1.Bantuan beras dari PT. Citatah sebanyak 1 ton setiap bulan.

    2.Bantuan minyak goreng dari PT. Cinglosh Bintang Jaya sebanyak 144 liter setiap bulan.

    3.Persembahan kasih dari ibu Serly Lukman setiap bulan sebesar Rp 3.000.000,-

    XI.Jaffray Retreat Center

    A. Dengan dihentikannya kerja sama STFT Jaffray Makassar dengan GKY untuk pengembangan Jaffray Retreat Center di Malino Benteng Tinggi, maka pengurusan sertifikat tanah dan pembangunan dilaksanakan oleh STFT Jaffray Makassar di bawah pimpinan Pdt. Leonard Sumule, Ph. D.

    B.Pembangunan akan tetap dilaksanakan di bekas lokasi bangunan-bangunan yang lama.

    XII.Perpustakaan

    A.STFT Jaffray telah melaksanakan Hari Cinta Buku pada tanggal 12 April 2018, yang mana melaksanakan kerja sama dengan BPK Gunung Mulia dan Perpustakaan Propinsi Sulsel dalam melaksanakan kegiatan Bedah Buku, Workshop Jurnalistik dan Membaca Cepat, serta perlombaan seni (mengarang lagu, membaca indah, menyanyi, dan membuat iklan) dan telah menetapkan tanggal 4 April sebagai Hari Cinta Buku STFT Jaffray Makassar.

    B. Kepala Perpustakaan STFT Jaffray Makassar, ibu Beatriks Weismann, M. Si., telah mengikuti kursus online Pustakawan yang dilaksanakan oleh Bina Pustaka Jakarta dan telah memperoleh sertifikat Pustakawan Tingkat Dasar.

    C. Bantuan Buku Januari – Juli 2018.

    1. STFT Jaffray mendapat bantuan buku 45 judul sebanyak 47 eksemplar dari Singapore Bible Colloege melalui Rev. Alan McMahan, Ph. D.

    2.STFTJ Makassar juga medapat buku 471 judul sebanyak 478 eksemplar sebagai hibah dari Theological Book Network.

    3.STFT Jaffray mendapat sumbangan buku 24 judul sebanyak 46 eksemplar dari Jung Soo Jo melalui Rev. Daniel Keum, Th.M.

    D. Perpustakaan STFT Jaffray telah mengupgrade Program Perpustakaan Ispekta berbasis Website tanggal 19 Juni 2018.

    E. Kenggotaan Perpustakaan

    1.Anggota Perpustakaan Teologi di Indonesia Maret 2018 – Juni 2019.

    2.Anggota Asian Theological Librarians 2018-2021.

    3.Mendapat Nomor Pokok Perpustakaan (NPP) sementara dari Perpustakaan Nasional 7371042B2000002 (password khusus STFTJ).

    F. STFT Jaffray sedang mengupayakan Akreditasi Perpustakaan oleh Perpustakaan Nasional.

    XIII.Lain-Lain

    A. STFT Jaffray Makassar bekerja sama dengan Perkantas Nasional melaksanakan Seminar Nasional Sola Scriptura dengan tema Why Are There Differences in the Gospel dengan nara sumber Michael Licona, Ph.D pada tanggal 22-23 Maret 2018.

    B. Jaffray Memorial – Pada bulan Juli 2018, Ketua STFT Jaffray Makassar bersama Mahasiswa Tim Permata, telah mengunjungi bekas tempat penjara dan tempat pemakaman Dr. R. A. Jaffray bersama para misionari lainnya di Burakai Tana Toraja dan berencana untuk membangun tugu peringatan. Ketua Pusat GKII menyarankan untuk kerja sama dengan Gereja KIBAID. Untuk itu, Ketua STFT Jaffray akan menghubungi ketua Sinode Gereja Kibaid untuk rencana ini.

    C. STFT Jaffray bekerja sama dengan STFT Intim melaksanakan program Kuliah Alih Tahun Persetia tahun 2018, bertempat di STFT Jaffray Makassar, 27 Juli – 4 Agustus 2018, dengan jumlah peserta sebanyak 139 orang.

    D. Berita Duka – Telah berpulang ke rumah Bapa di sorga, salah satu dosen terbaik STFT Jaffray Makassar, Pdt. Dr. Paskalinus Busthan, pada tanggal 1 Agustus 2018.

    E. STFT Jaffray sebagai perguruan tinggi teologi berada di bawah dua induk organisasi pemerintah, yaitu Kemenristek Dikti untuk Program Studi Filsafat Teologi, yang sebelumnya gelarnya adalah Sarjana Theologi (S. Th.), STFT Jaffray juga berada di bawah Kemenag Ditjen Bimas Kristen, yaitu Sarjana Pendidikan (S.Pd.), Magister Theologi (M. Th.), dan Doktor Teologi (Dr.). Pada tahun depan Wisudawan S1 Teologi gelar Sarjana Filsafat Teologi (S.Fils).

    Pada akhirnya, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah mendukung STFT Jaffray. Terima kasih kepada Gereja Kemah Injil Indonesia sebagai pemilik STFT Jaffray Makassar. Terima kasih kepada semua gereja pendukung, pribadi-pribadi yang setia mendukung STFT Jaffray, dan BP Yayasan Pendidikan Jaffray. Terima kasih kepada rekan-rekan pimpinan, dosen, dan karyawan STFT Jaffray Makassar atas kerja samanya dalam mendukung semua program pengembangan STFT Jaffray Makassar.

    Demikian laporan saya selaku ketua STFT Jaffray Makassar pada Wisuda Sarjana dan Pascasarjana 2018.

    Selamat kepada para wisudawan dan wisudawati bersama keluarganya. Selamat memulai perjuangan dalam medan pelayanan. Jangan lupa almamatermu. Dukunglah dengan doa dan dana progam pengembangan STFT Jaffray Makassar.

    Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. Tuhan memberkati kita semua. Shalom.

    Makassar, 14 September 2018

    Ketua,

    Pdt. Dr. Peniel C. D. Maiaweng

    Monday, 11 December 2017 10:32

    Kesukaan Besar untuk Seluruh Bangsa

    Kesukaan Besar untuk Seluruh Bangsa
    Lukas 2:10-11

    • 10 Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:
    • 11 Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

    Dalam kehidupan manusia, “kesukaan” (kadang diterjemahkan “bergembira” [Luk. 6:23], “gembira” [Luk. 8:13], “sukacita” [Luk. 15:7, 10; Gal. 5:22], “bersukacita” [Yoh. 3:39]) umumnya merujuk pada kenikmatan hidup yang memberikan kebahagiaan, seperti pengalaman kecintaan seksual, kelepasan dari masalah, atau kesuksesan secara finansial.
    Dalam Perjanjian Lama, kesukaan atau sukacita, nampaknya hanya difokuskan pada bangsa Israel sebagai umat pilihan Allah dan orang-orang dari bangsa lain yang menganut agama bangsa Israel, seperti kelepasan dari perbudakan di Mesir dan pemulangan dari Babel ke Yerusalem (Kel. 18:9-11; Mzr. 98:4-6; Jer. 31:1-19).
    Saat kelahiran Yesus, malaikat menyatakan perspektif yang berbeda tentang kesukaan. Malaikat berkata, “Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa” (2:10). Pernyataan malaikat menunjukkan bahwa kesukaan besar bukan hanya diperuntukkan kepada bangsa Israel, tetapi lebih luas, yaitu kepada seluruh bangsa. Hal ini sejalan dengan yang dikatakan Yesus dalam Yoh. 3:16, “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini … supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya ….” Yesus tidak berbicara tentang tanah Perjanjian, yaitu Kanaan, tetapi dunia. Yesus juga tidak berbicara hanya tentang umat pilihan Allah, yaitu Israel, tetapi “setiap orang yang percaya kepada-Nya ….” Dengan demikian, perkataan malaikat benar bahwa seluruh bangsa di dunia menjadi objek dari kesukaan besar dan sumbernya adalah Allah sebagai Pemberi kesukaan atau sukacita.
    Ada pun isi dari kesukaan besar adalah, “Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud” (2:11). Pernyataan malaikat menunjukkan bahwa kesukaan adalah suasana atau kondisi sukacita yang didasarkan pada kenyataan rohani, yaitu Yesus adalah Juruselamat yang telah lahir bagi seluruh bangsa. Kesukaan atau sukacita bukan bersumber pada pengalaman hidup yang berasal dari lingkungan, situasi, dan keadaan yang menyenangkan atau menguntungkan, tetapi pemberian Allah di dalam Yesus Kristus kepada orang-orang percaya kepada-Nya yang memimpinnya kepada perubahan hidup secara rohani.

    Demikian demikian, kesukaan besar, bukan karena kepuasan seksual, walaupun itu membuat orang yang melakukannya merasa nikmat; bukan karena kita baru menikah dan menikmati bulan madu, walaupun itu memberikan kenikmatan; bukan karena kita dapat mengalahkan orang lain, walaupun itu akan membuatkan kita senang; bukan karena memperoleh keuntungan dari apa yang kita kerjakan, walaupun itu akan membuat kita senang; tetapi karena Yesus lahir sebagai Juruselamat dalam hidup orang yang percaya kepada-Nya.
    Untuk itu, setiap pribadi, dari bangsa mana pun yang memiliki Yesus, itulah pribadi yang memiliki kesukaan besar. Setiap keluarga, dari bangsa mana pun yang memiliki Yesus, itulah keluarga yang memiliki kesukaan besar. Setiap komunitas, dari kelompok mana pun yang memiliki Yesus, itulah komunitas yang memiliki kesukaan besar.
    Dalam merayakan natal tahun ini, diharapkan bahwa tidak ada di kalangan orang percaya oyang menyesal karena menjadi orang Kristen. Tidak ada orang Kristen yang menyesal karena telah memiliki Yesus sebagai Juruselamat pribadinya. Setiap orang percaya seharusnya bersyukur Yesus telah datang ke dalam dunia adalah Juruselamat yang mengerjakan kesukaan besar dalam hidupnya.
    Selain itu, bagi mereka yang dipanggil dalam pelayanan, diharapkan tidak ada yang menyesal karena dipanggil oleh Tuhan menjadi hamba Tuhan; tidak ada yang menyesal karena dipanggil oleh Tuhan menjadi guru agama; tidak ada yang menyesal karena ditabiskan menjadi pendeta, penginjil, vikaris; tidak ada menyesal karena terjun dalam ladang pelayanan; tidak ada orangtua yang menyesal karena anaknya dipanggil menjadi hamba Tuhan; dan tidak ada suami atau isteri yang menyesal karena pasangannya adalah seorang hamba Tuhan. Setiap pelayan atau hamba Tuhan seharusnya bersyukur karena Yesus yang memanggil mereka adalah sumber kesukaan besar dalam kehidupan pribadi dan pelayanan setiap hamba-Nya.

    Dalam kisah kelahiran Juruselamat, berita kesukaan besar pertama-tama disampaikan oleh malaikat kepada para gembala yang sedang berada di padang menjaga kawanan ternak pada malam hari (2:8). Kesukaan besar adalah sebuah pesan terbesar yang pernah disampaikan oleh malaikat kepada dunia melalui para gembala, yaitu sebuah komunitas yang kecil dan rendah secara sosial.
    Dalam Perjanjian Lama, awalanya, gembala adalah pekerjaan yang mulia. Pekerjaan pertama di dalam Alkitab adalah gembala yang dimiliki oleh Habel (Kej. 4). Para leluhur bangsa Israel, seperti Yakub, Musa dan Daud pernah menjadi gembala. Daud menyebut bahwa TUHAN adalah gembala yang baik (Mzr. 23). Tetapi pada abad pertama, pekerjaan sebagai gembala telah kehilangan kemasyurannya. Pekerjaan sebagai gembala telah menjadi satu pekerjaan yang rendah derajatnya di kalangan masyarakat Yahudi karena dianggap tidak bersih sehingga tidak mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan. Mereka mulai terlupakan.
    Pada malam natal pertama, Allah mempercayakan pesan terbesar yang dikirim dari surga kepada kumpulan gembala. Mereka adalah orang-orang yang terlupakan, terhina, orang-orang rendahan. Apa respons mereka? Setelah para gembala mendengar pesan malaikat (2:9-14), mereka pergi menjumpai Maria, Yusuf, dan bayi Yesus (2:15). Ada pun sikap para gembala setelah menjumpai bayi Yesus adalah, “Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka” (2:20). Penekanan di sini adalah para gembala kembali “… sambil memuji dan memuliakan Allah” (ay. 20).
    Untuk mengalami sukacita besar, yang wujudnya memuji dan memuliakan Allah, para gembala tidak mengganti profesi mereka untuk mengalami sukacita besar. Mereka adalah gembala yang kembali ke tempat mereka untuk bekerja dan tetap dalam profesi mereka sebagai gembala, “… sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka” (ay. 20).

    Bagi kita sebagai orang percaya saat ini, jangan kita berpikir bahwa untuk mengalami kesukaan besar dan bisa memuji serta memuliakan Tuhan, harus mengganti panggilan yang telah kita terima. Jangan kita beranggapan bahwa dengan penghasilan yang lebih besar, baru mengalami kesukaan besar serta memuji dan memuliakan Allah. Dalam pelayanan-pelayanan yang kita laksanakan, jangan kita berpikir bahwa dengan beralih dari pendeta menjadi pengusaha, baru kita dapat memuji dan memuliakan Allah. Atau jangan kita menganggap bahwa dengan berubah status dari penginjil/vicaris menjadi pendeta, dari asisten gembala menjadi gembala, dari bawahan menjadi atasan, dari pengkhotbah lokal menjadi pengkotbah nasional, dari gembala gereja kecil menjadi gembala gereja besar, dari tempat kering pindah ke tempat basah, baru kita mengalami kesukaanserta dapat memuji dan memuliakan Allah. Tidak demikian. Kita memuji dan memuliakan Allah karena Yesus yang menyelamatkan dan memanggil kita menjadi hamba-Nya adalah Juruselamat yang hidup di dalam kita.
    Kiranya melalui tahun ini, kita diingatkan bahwa siapa pun anda dan saya, dari mana pun asalnya, dan apa pun panggilan pekerjaan dan pelayanan yang kita laksanakan, dan di mana mun kita bekerja dan melayani, kita dapat dan tetap memuji dan memuliakan Allah karena Yesus adalah Juruselamat kita yang telah memanggil kita menjadi hamba-hamba-Nya dan yang telah mengerjakan kesukaan besar bagi kita. Dengan sukacita kita akan menjalani kehidupan Kristen kita dan dengan sukacita pula kita melaksanakan segala tanggung jawab pelayanan yang dipercayakan kepada kita.
    Untuk itu, marilah kita lebih setia mendekatkan diri dengan Yesus dan konsisten membangun keintiman rohani dengan Dia agar kesukaan besar menjadi sempurna dalam diri kita dan akan memotivasi kita untuk terus memuji dan memuliakan Dia dalam segala aspek kehidupan kita. Tuhan memberkati kita semua.

    Selamat Natal, 25 Desember 2017 dan Menyongsong Tahun Baru, 1 Januari 2018.

    Makassar, 10 Desember 2017
    Hormat saya,


    Peniel C. D. Maiaweng

    Laporan Ketua STT Jaffray Makassar pada Wisuda Sarjana ke 43 dan Pascasarjana ke 29

    Yth. Koordinator Kopertis Wilayah IX..
    Yth. Ketua Gereja Kemah Injil Indonesia.
    Yth. Pembimas Kristen Protestan Susel dan Kota Makassar
    Yth. Pembicara/Pembawa Orasi Ilmiah, Pdt. Dr. Freddy Lay (Ketua Sinode GKY)
    Yth. Ketua Wilayah GKII Intim I dan Ketua Derah GKII I Makassar.
    Yth. Ketua PGIW Sulawesi (Pdt. Adrie Massi).
    Yth. Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Jaffray.
    Yth. BP Ikatan Alumni STT Jaffray Makassar.
    Yth. Bapak-bapak/Ibu-ibu para Sahabat dan sponsor STT Jaffray.
    Yth. Segenap civitas akademika STT Jaffray.
    Yth. Para gembala dan penginjil gereja-gereja sahabat.
    Yth. Segenap sivitas akademik STT Jaffray.
    Yth. Orangtua/keluarga dari para wisudawan
    Yang berbahagia, para wisudawan

    Pada kesempatan yang berbahagia ini perkenankanlah saya untuk memberikan laporan tentang perkembangan STT Jaffray pada tahun Ajaran 2016/2017 dan yang sedang dilakukan dalam Semester Ganjil 2017/2018.

    I. Kepemimpinan
    A. Pada tanggal 11 telah dilaksanakan pelantikan Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Jaffray Priode 2016-2021 yang diketuai oleh Ir. Samuel Arnold Saputera.
    B. Pada semester lalu, Yayasan Pendidikan Jaffray dan STT Jaffray berduka, karena telah berpulang ke rumah Bapa di sorga, Pdt. Dr. Yusuf Pangestu, yaitu salah satu penasihat Yayasan Pendidikan Jaffray yang telah banyak mencurahkan perhatian untuk pengembangan sarana dan prasarana STT Jaffray Makassar.
    C. Pada tanggal 17 November 2017, Badan Pengurus Yayasan Pendidikan Jaffray telah melantik segenap unsur pimpinan STT Jaffray Makassar, yang terdiri dari Wakil Ketua I, II, dan III, Direktur Pascasarjan, Ketua Prodi S3, Ketua Prodi S2 Teologi, Ketua Prodi S1 Teologi, Ketua Prodi S1 PAK, Ketua Perpustakaan, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, dan Kepala Kantor STT Jaffray.
    D. Berdasarkan rapat pimpinan STT Jaffray tanggal 2 Agustus 2017, memutuskan bahwa Jabatan direktur pascasarjana yang kosong diambilalih oleh Ketua STT Jaffray untuk sementara waktu hingga awal semester Genap 2017/2018.
    II. Program Studi, Wisuda, Mahasiswa, dan Alumni
    A. STT Jaffray memiliki 4 Program Studi.
    1. S1 Teologi terakreditasi B
    2. S1 PAK terakreditasi B
    3. S2 Teologi terakreditasi B
    4. S3 Teologi terakreditasi B
    5. Akan dilaksanakan pembentukan Panitia Reakreditasi Prodi pada awal Desember 2017.
    B. Mahasiswa yang menamat tahun ini berjumlah 132.
    1. Magister sebanyak 34 orang.
    2. Sarjana sebanyak 98 orang.
    C. Jumlah mahasiswa STT Jaffray tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 552 orang.
    1. Program Sarjana berjumlah 441 orang.
    2. Program Magister berjumlah 83 orang.
    3. Program Doktor berjumlah 28 orang.
    D. Alumni
    1. Ikatan Alumi bersama STT Jaffray Makassar telah melaksanakan Reuni dan Retreat Alumni pada tanggal 5-7 Juli 2017 dengan berlokasi di dua tempat, yaitu Kampus STT Jaffray Makassar (5 dan 7 Juli) dan Benteng Tinggi Malino (6 Juli).
    2. Dalam reuni tersebut telah dilaksanakan pemilihan Ketua Ikatan Alumni periode 2017-2022, yaitu Pdt. Robert Sokoy, M.Th. Pelantikan Pengurus dilaksanakan pada tanggal 22/8/2017.
    3. Pada tanggal 14 September 2017 telah dilaksanakan penyerahan alumni STT Jaffray tahun 2017 oleh Ketua STT Jaffray kepada Badan Pengurus Ikatan Alumni STT Jaffray Makassar sebanyak 132 orang.
    III. Dosen dan Tenaga Kependidikan
    A. Dosen
    1. Jumlah dosen fulltime tetap sebanyak 18 orang.Jumlah dosen part-time tetap sebanyak 15 orang. Pada semester ini dosen tetap dan dosen tidak tetap yang melayani di STT Jaffray berjumlah 33 orang.
    2. Tahun ajaran 2016/2017, STT Jaffray menyekolahkan 3 orang dosen ke jenjang S3 untuk program studi Teologi, yaitu Sdr. Nyoman Lisias F. Dju (PB) dan Ny. Tri Supartini (Praktika). STT Jaffray Sdr. Hengki Wijaya, M.Th. di UNM.
    3. STT Jaffray juga akan menyekolahkan Sdr. Queency Wauran untuk bidang Teologi/Etika di luar negeri (sedang dalam proses pengupayaan sekolah dan sponsor).
    4. STT Jaffray sedang menyekolahkan Sdr. Hanny Fredrick dalam program S2 Biblika di STT Jaffray.
    5. Awal tahun ajaran 2017/2018, STT Jaffray telah mendatang 3 orang dosen baru yang merupakan alumni dari STT Jaffray, yaitu Pdt. Dr. Paskalinus Bustan, Pdt. Dr. Yunus Laukapitang, dan Parel Tanyid, M. Pd.K.
    6. STT Jaffray telah mendatangkan seorang dosen berkembangsaan Australia, bernama Rev. Christopher Luthy dari badan misi Pioneer yang bekerja sama dengan C&MA, dan telah bergabung sejak bulan Mei 2017.
    7. STT Jaffray sedang mengupayakan jumlah tetap sebanyak 24 orang untuk memenuhi kuota dosen untuk setiap program studi.
    8. Periode 2016-2021, STT Jaffray Makassar sedang mengupayakan 2 orang dosen untuk memperoleh jabatan fungsional Guru Besar untuk memenuhi persyaratan akreditasi S3.
    9. Rev. Adrew Brake, Ph. D., dan Mrs. Lora Brake akan melaksanakan cuti tahun sejak Juni 2017-Juni 2018.
    10. STT Jaffray sedang berupaya untuk merekrut calon dosen musik dari alumni (sedapat mungkin anggota GKII) dan mencari biaya pendidikan untuk program S2 musik.
    B. Karyawan
    1. Jumlah karyawan STT Jaffray Makassar sebanyak 22 orang (16 orang tenaga kependidikan, 3 cleaning service, dan 3 satpam).
    2. STT Jaffray Makassar telah merekrut 2 karyawan, yang berkompeten dalam bidang IT dan administrasi untuk bagian administrasi akademik dan bidang kemahasiswaan.
    3. STT Jaffray telah merekrut seorang sekretaris untuk Waket III (dari mahasiswa pasca) untuk mengurus administrasi kemahasiswaan.
    4. Pada semester lalu, STT Jaffray berduka karena telah berpulang ke rumah Bapa di Surga, Bpk. Waris Pribadi, yang adalah tenaga IT dan administrasi akademik.
    IV. Pengembangan Kurikulum
    A. STT Jaffray Makassar akan melaksanakan revisi dan pengembangan kurikulum setiap program studi yang akan disesuaikan dengan visi dan misi setiap program studi. Pembentukan Kelompok Kerja Revisi dan Pengembangan Kurikulum dilaksanakan pada akhir September 2017 yang dipimpin oleh Pdt. Dr. Ivan Weismann untuk persiapan reakreditasi.
    V. Pendanaan serta Sarana/Prasarana
    A. Pendanaan
    1. 85 % sumber pendapatan STT Jaffray Makassar adalah registrasi mahasiswa. 13 % sumber pendapatan adalah dukungan gereja-gereja sahabat, pengurus Yayasan, dan para donatur. 2 % sumber pendapatan adalah hasil penyewaan kapel, guest house, dan lapangan bulutangkis.
    2. Pada bulan Januari 2017 STT Jaffray telah menaikkan gaji dosen dan karyawan sebesar 10 persen gaji pokok dan memberikan bonus pada akhir semester kepada seluruh karyawan.
    B. Sarana/Prasarana
    1. Bulan Februari 2017, STT Jaffray telah memulai Kamar Makan bagi mahasiswa yang sedang menampung 204 orang mahasiswa yang makan di kamar makan.
    2. STT Jaffray Makassar telah membongkar salah satu rumah dosen yang sudah tua dan akan dibangun satu bangunan 3 lantai, yang mana setiap lantai terdiri dari 3 rumah. Peletakkan Batu Pertama telah dilaksanakan pada tanggal 5 Juli 2017. Untuk itu telah dilaksanakan perubahan gambar bangunan yang awalnya dua lantai menjadi tiga lantai dan sedang dalam proses mendapat IMB.
    3. STT Jaffray telah mendapat sumbangan marmer dari PT Citatah untuk penggantian tangga lantai 1-3 serta penggantian lantai altar dan kapel. Pemasangan marmer akan dilaksanakan mulai hari ini, 16 September 2017.
    4. Mulai Agustus 2017, STT Jaffray telah mengontrak ruko di samping kiri kampus untuk dijadikan asrama puteri selama dua tahun karena asrama yang ada tidak dapat menampung mahasiwa puteri yang ada.
    VI. Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat
    A. Penelitian
    1. Berdasarkan rapat dosen lengpak awal semester ganjil 2017/2018, telah menetapkan bahwa STT akan menyisihkan 2 % dana pendidikan setiap semester sebagai dana penelitian dosen, yang proses pelaksanaannya akan diatur oleh Lembaga Penelitian dan Penerbitan berdasarkan roadmap penelitian yang dibuat oleh Lembaga Penelitian dan Penerbitan STT Jaffray. Untuk itu, STT Jaffray mewajibkan setiap dosen paling kurang melakukan penelitian dalam satu tahun ajaran.
    2. STT Jaffray memiliki Jurnal Jaffray, adalah Jurnal Teologi yang telah terindeks DAOJ (Directory Open Access Journal) dan juga terindeks di DOAR (Directory of Open Access Scholarly Resources). Jurnal Jaffray hadir dalam bentuk Open Journal System. Sekarang dalam proses terakreditasi DIKTI. Alamat web: www.ojs.sttjaffray.ac.id. Jurnal Jaffray akan diajukan untuk akreditasi jurnal online pada Maret 2018.
    3. Lembaga Penerbitan STT Jaffray telah mendapat hibah dari Kemenristekdikti untuk Bantuan Tatakelola Jurnal pada bulan Mei 2017 sebesar Rp 40.000.000,-
    4. STT Jaffray, oleh Lembaga Penelitian dan Penerbiatan, telah melaksanakan Workshop Penulisan Jurnal Nasional Terakreditasi pada tanggal 28-29/7 di hotel The One dengan melibatkan beberapa perguruan tinggi teologi di Indonesia.
    B. Pengabdian kepada Masyarakat.
    1. STT Jaffray sedang mengadopsi suku Bunggu sebagai target pelayanan holistik. Telah dilaksanakan penyaluran air minum ke kampung tersebut.
    2. STT Jaffray akan mengutus missionary ke Myanmar pada tahun 2020 untuk mewujudkan mimpi, pendiri STT Jaffray, Dr. R. A. Jaffray. Tahun ini adalah rencana perekrutan calon misionari.
    a. Tahun ini adalah tahun rencana perekrutan. Ketua telah memiliki beberapa kandidat. Dari beberapa kandidat yang ada, ketua telah berbicara dengan seorang mahasiswa yang akan tamat pada tahun ini, dan minggu depan, ketua akan berbicara dengan kandidat yang lain. Nantinya, dari sekian banyak kandidat yang telah dihubungi, akan dinilai pelayanan mereka selama satu tahun, dan hanya dua orang yang akan dipilih untuk diutus sebagai misionari ke Myanmar.
    b. Dalam rapat dosen lengkap awal semester genap 2016/2017, telah memutuskan bahwa STT Jaffray akan menyisihkan 2% dari pemasukan BPP setiap sebagai modal awal pelaksanaan misi Myanmar.
    3. Pada liburan Juni-Juli 2017, STT Jaffray telah mengutus 9 tim PkM, ke daerah-daerah untuk pelayanan di daerah yang dikunjungi sekaligus melaksanakan promosi sekolah, yaitu Krayan-Kaltara, Mentarang-Kaltara, Simbuang-Sulsel, Sanger-Sulut, Kaimana-Papua, Mamuju-Sulbar.
    VII. Kerjasama
    A. Kerjasama dalam negeri.
    1. STT Jaffray memiliki kerja sama dengan semua sekolah teologi GKII di Indonesia.
    2. STT Jaffray memiliki kerja sama dengan GKY (dibuat oleh GKII Pusat).
    3. Umumnya kerja sama yang ada dengan gereja-gereja, yayasan-yayasan, dan pribadi-pribadi tertentu, sifatnya adalah relasi dalam memberikan dukungan kepada STT Jaffray.
    B. Kerjasama luar negeri.
    1. STT Jaffray masih memiliki kerja sama dengan C&MA Amerika dengan mendatangkan Rev. Adrew Brake, Ph. D., dan Miss. Lora Brake, MA.
    2. STT Jaffray masih memiliki kerja sama dengan Hosanna Presbyterian Church South Koea dengan adanya Rev. Daniel Keum dan Ibu.
    3. STT Jaffray akan membuat MoU dengan Pioneer Australia, dengan mendatangkan Rohaniawan
    4. STT Jaffray bekerja sama dengan Christian and Missionary Alliance Belanda dengan mendatang Rohaniawan ….
    5. STT Jaffray masih bekerja sama dengan ABS Hongkong untuk melaksanakan Kuliah dalam bahasa Mandarin tanggal 4-9/9 (3-10/9), yang dikoordinasikan oleh Waket I. ABS Hongkong siap bekerja sama untuk pengutusan seorang dosen/mahasiswa kuliah mandarin selama satu semester, sebagai persiapan untuk kemandirian kelas Mandarin di STT Jaffray Makassar. Untuk ini, akan dibuka kelas mandarin pada semester ini bagi mahasiswa yang berminat, yang pembiayaannya akan diatur oleh bagian keuangan. Kelas mandarin sedang diupayan menjadi prioritas karena peluang pelayanan misi untuk orang Indonesia di Hongkong, Taiwan, dan Indonesia.
    VIII. Kamar Makan
    A. Semerter genap 2016/2017, STT Jaffray telah membuka kamar makan bagi mahasiswa yang tinggal di asrama, dengan harga Rp 8000 perhari (untuk sementara).
    B. STT Jaffray mendapat sumbangan beras sebayak 1000 Kg dari PT Citatah sejak Februari 2017. Mulai tanggai 1 Mei 2017, Sinoge GKY akan memberi sumbangan beras sebanyak 1500 Kg perbulan. Dengan demikian setiap bulan STT Jaffray Makassar akan mendapat bantuan beras sebanyak 2.5 ton. Bantuan ini diberikan selama satu tahun dan akan ditinjau kembali.
    C. Semester ganjil 2017/2018, kamar makan telah dibuka kembali, dengan harga Rp 1.500.000,- untuk satu semester (tiga kali makan), yang pengelolaannya diatur oleh Wakil Ketua III.
    IX. Jaffray Retreat Center.
    A. STT Jaffray telah ditunjuk oleh BPP GKII untuk mengelola Jaffray Retreat Center di Malino Benteng Tinggi.
    B. Untuk itu, telah dibentuk Panitia Pembangunan JRC yang diketuai oleh Pdt. Leonard Sumule, Ph. D dan panitia telah dilantik pada tanggal 5 Juli 2017. Sekarang dalam proses pengurusan sertifikat tanah dan Ijin Mendirikan Bangunan.
    X. Lain-lain
    A. STT Jaffray bekerja sama dengan GKY danYayasan Obor Indonesia akan melaksanakan seminar kebangsaan pada tanggal 19/8 dengan mendatangkan Gus Nuril.
    B. Pembentukan Panitia Reakreditasi akan dilaksanakan pada awal Desember 2017.
    C. Akan dilaksanakan hari misi pada pertengahan setiap semester. Kegiatannya akan diatur oleh Majelis Kapel dan LMPM.
    D. STT Jaffray akan melaksanakan pencatatan ulang semua aset untuk dilaporkan kepada akuntan publik.
    E. Juli 2018, Persetia akan melaksanakan Kuliah Alih Tahun untuk mahasiswa pascasarjana. Pengaturannya akan dilaksanakan oleh Direktur Pasca yang baru bersama Dirlak Persetia.

    Pada akhirnya, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah mendukung STT Jaffray. Terima kasih kepada Gereja Kemah Injil Indonesia sebagai pemilik STT Jaffray Makassar. Terima kasih kepada semua gereja pendukung, Terima kasih kepada pribadi-pribadi yang setia mendukung STT Jaffray, BP Yayasan Pendidikan Jaffray. Terima kasih kepada rekan-rekan pimpinan, dosen, dan karyawan STT Jaffray Makassar atas kerja samanya dalam mendukung semua program pengembangan STT Jaffray.
    Demikian laporan saya selaku ketua STT Jaffray Makassar tahun ajaran 2016/2017 dan awal semester ganjil 2017/2018. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih. Tuhan memberkati kita semua.

    Makassar, 16 September 2017.
    Ketua,


    Pdt. Dr. Peniel C. D. Maiaweng

    Alamat Sekolah

    Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray Makassar
    Jl. G. Merapi 103 Makassar, 90114
    Sulawesi Selatan, Indonesia
    Email: sttjaffray@yahoo.com
    Telp. 0411-3624129
    Fax. 0411-3629549

    Kontak Pascasarjana

    Email: pascasarjana.sttj@ymail.com
    Telp/Fax. 0411-3619757

    © 2019 STT Jaffray Makassar. All Rights Reserved.