Dari Meja Ketua

Sunday, 27 September 2020 00:24

Laporan Ketua STFT Jaffray Makassar Pada Wisuda Sarjana ke 42 dan Wisuda Pascasarjana ke 36 Tahun 2020

Written by

Yang saya hormati

Ketua Lembaga Layanan Pendidika Tinggi Wilayah IX Sulawesi

Pembimas Kristen Kemenag RI, Makassar

Pengurus daerah dan Wilayah GKII

Pimpinan gereja-gereja di kota makassar

Badan pengurus Yayasan Pendidikan Jaffray Makassar

Pimpinan Perguruan Tinggi

Para Dosen dan karyawan STFT Jaffray Makassar

Ikatan Keluarga Alumni STFT Jaffray Makassar

Segenap orang tua wisudawan-wisudawati

Ibu, Bapak Undangan

Sekalian wisudawan/ti

 

Makassar 12 September 2020

 

Salam sejahtera dalam kasih Tuhan Yesus Kristus,

Perkenankanlah saya mengajak para hadirin, untuk bersama-sama memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua, sehingga pada pagi hari yang berbahagia ini, kita dapat berkumpul bersama, dalam rangka menghadiri Sidang Terbuka, Senat Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray Makassar, guna mengikuti upacara Wisuda tahun akademik 2020.

Pada kesempatan ini, kami atas nama Keluarga Besar Sekolah Tingi Filsafat Theologia Jafray Makassar, mengucapkan terima kasih yang tak terhingga, kepada segenap hadirin, yang telah meluangkan waktu yang sangat berharga, untuk menghadiri acara ini. Kehadiran Bapak dan Ibu sekalian pada upacara wisuda ini, menambah kebahagiaan kami, yang pada saat ini, mewisuda lulusan Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Jaffray makassar sebanyak 97 wisudawan, yang terdiri atas, lulusan program program Sarjana (S-1) 78 wisudawan, dan program Magister (S-2) 19 wisudawan.

Perlu kami laporkan sesuai, dengan program pengembangan yang kami lakukan,

Pertama: Dalam bidang kelembagaan, STFT Jaffray Makassar sudah melakukan banyak pembenahan di tata kelola perguruan tinggi agar lebih efektif dan efisien, antara lain dengan menggunakan struktur organisasi sesuai kebutuhan, menempatkan tenaga kependidikan yang sesuai dengan keahliannya, melakukan akreditasi tepat waktu, dan kegiatan lain yang menunjang tata kelola yang baik. Sampai dengan tahun 2019-2020 STF Jaffray Makassar menyelenggarakan sebanyak 4 program studi; yang terdiri atas 2 program Sarjana (S-1) Sarjana Ilmu Filsafat dan Sarjana Pendidkan Agama Kristen, 1 program Magister (S-2) Magister Teologi dan 1 program Doktor (S3) Doktor Teologi. Semua program studi, telah terakreditasi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan peringkat B, yang berimplikasi, bahwa kegiatan pengelolannya telah memenuhi standar Nasional Pendidikan, sebagai mana yang ditentukan Pemerintah dalam peraturan dan perundangannya.

Adapun jumlah mahasiwa aktif untuk S1 ialah 497 orang, S2 ialah 116 orang dan S3 ialah 62 orang. Untuk mahasiswa baru S1 ialah 100 orang, S2 ialah 20 orang dn S3 ialah 5 orang. Berdasarkan klasterisasi/peringkat PTS Sulawesi pada tahun 2020 STFT Jaffray berada pada peringkat 9 dari seluruh PTS Sulawesi yang bentuk sekolah tinggi.

Kedua: Dalam bidang akademik, STFT Jaffray Makassar terus menerus meningkatkan kualitas dosen serta perbaikan kurikulum dan proses belajar mengajar. Saat ini kami telah mengirimkan 6 orang dosen kami untuk studi lanjut. Disamping itu kami juga telah memiliki 5 orang dosen yang sudah memiliki sertifikasi dosen..

Dalam rangka penyediaan fasilitasi pembelajaran bagi mahasiswa pada tahun kuliah 2019-2020, STF Jaffray memperkerjakan sebanyak 32 orang dosen tetap. Mereka adalah sumber daya manusia yang berkualitas, dan berada pada sistem layanan terdepan dalam rangka, memberi kemudahan bagi mahasiswa.

Ketiga: Dalam bidang teknologi,

Dalam rangka menciptakan suasana akademik yang berkualitas, STFT Jaffray Makassar memprogramkan untuk peningkatan kualitas pembelajaran mahasiswa. Model pembelajaran yang digunakan oleh para dosen sangat bervariatif dan dinamis yang mampu menciptakan proses pembelajaran yang bermakna. Modus pengajaran berbasiskan IT yang berbentuk e-learning.

Upaya lain untuk mencipatakan suasana akademik yang berkualitas tersebut adalah penciptaan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Semua ruang kuliah telah difasilitasi dengan air conditioner (AC), LCD projector, tempat duduk yang nyaman. Sumber pustaka dalam perpustakaan selalu diupdate dengan buku referensi, jurnal ilmiah, prosiding seminar, dan majalah ilmiah dengan bahan yang berbentuk hard copy (dokumen buku) dan soft copy (ebook). Perumahan dosen, asrama putra dan putri,  guest house, gedung serba guna, ruang makan, dapur, toko, dan Gedung A dan B, serta lingkungan dan suasana yang mampu menciptakan keasrian lingkungan dan keinginan yang kuat bagi mahasiswa untuk berada di kampus dalam rangka mengelola pembelajaran mereka yang berkualitas.

Keempat: Dalam bidang sarana prasarana, STF Jaffray Makassar sudah mulai menambah sarana dan prasarana kampus seperti rumah dosen sebanyak 9 unit, renovasi ruang chapel, bantuan Kemristekdikti berupa lab komputer dan lab microteaching, penambahan fasilitas LCD projector dan printer yang juga bantuan Kemristekdikti untuk kegiatan pengajaran di kelas dan lab komputer. Bantuan kuota internet bagi  314 mahasiswa dan 9 dosen oleh Kemdikbud. LLDIKTI wilayah 9 juga telah memberikan rekomendasi pembangunan rumah susun bagi STFT Jaffray Makassar. Surat rekomendasi tersebut telah diteruskan kepada Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat untuk dapat dilaksanakan. Mohon doa restu kita sekalian agar proposal rumah susun yang sudah diajukan dapat terealisasi.

Inilah secara ringkas perkembangan yang terdapat pada STFT Jaffray. Semua hal di atas dibangun dan disediakan dengan harapan bisa memberikan kenyamanan dalam proses pengajaran sehingga bisa meningkatkan pemahaman keilmuan yang diperoleh mahasiswa di kampus serta bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas, seperti para wisudawan yang diwisuda pada hari ini.

 

               Ingat ayah ingatlah bunda                Beliau selalu menyokong cita-cita                Jagalah kualitas para wisuda                Tanpa melamar kerja pun anda akan diminta  

Kepada para wisudawan yang akan meninggalkan kampus tercinta ini, saya menitipkan nama baik almamater. Dimanapun saudara berada dan dalam kegiatan apapun jagalah nama baik almamater, dan jangan sampai menodai nama baik almamater sehingga dapat merugikan masyarakat luas. Tingkatkan rasa kebersamaan sesama alumni dan bergabung pada Ikatan Alumni STFT Jaffray Makassar.

Khusus kepada orang tua dan anggota keluarga wisudawan, pada kesempatan yang berbahagia ini, sekali lagi saya menyatakan turut berbahagia atas keberhasilan Bapak / Ibu dalam mengasuh putra/putri masing-masing, atau Suami / Isteri bagi mereka yang sudah berkeluarga, karena telah mendukung dan memotivasi perjuangan mereka sehingga dapat menyelesaikan studi di STFT Jaffray Makassar, untuk mendapatkan gelar Sarjana dan Magister. Pada kesempatan ini secara resmi tanggung jawab kami mendidik putra-putri Bapak/Ibu telah selesai, dan kami serahkan kembali kepada Bapak / Ibu sekalian.

Hadirin yang saya hormati

Pada kesempatan yang baik ini pula saya ingin mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik selama ini dan kepercayaan yang diberikan kepada STFT Jaffray Makassar. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk kepada kita, sehingga langkah kita untuk turut serta dalam membangun bangsa dan negara ini betapapun kecilnya dapat berjalan dengan baik.

Kepada pengurus yayasan, dosen dan karyawan, kami sampaikan terima kasih karena telah mengantar para wisudawan ke gerbang kehidupan baru dalam masyarakat. Khususnya kepada panitia penyelenggara saya ucapkan terima kasih atas segala upaya yang dilakukan sehingga acara wisuda pada hari ini dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Akhirnya atas nama, pimpinan, dosen dan karyawan, saya mohon maaf apabila selama membimbing dan melayani saudara terdapat hal-hal yang tidak berkenan di hati saudara.

 

‘Ke Ragunan melihat gajah,

ke padang pasir  melihat unta.

Selamat diwisuda dan menerima ijazah,

bekal Anda bekerja dan melamar kekasih tercinta,"

 

Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Read 61 times

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar

Jl. G. Merapi 103 Makassar, 90114

Sulawesi Selatan, Indonesia

Email: sttjaffray@yahoo.com

Telp. 0411-3624129

Fax. 0411-3629549

Kontak Pascasarjana

Email: pascasarjana.sttj@ymail.com
Telp/Fax. 0411-3619757

© 2020 STT Jaffray Makassar. All Rights Reserved.