# # # # # # # # # # # # #

New Books Release

sistem_teologi Cover_Buku_Peniel belajar
Rp 60.000,- Rp 40.000,- Rp 65.000,-
gereja Toraja Cover_Pengantar_Konseling
Rp 55.000,- Rp 40.000,- Rp 45.000,-

dr_daniel_ronda

Andrew_Brake_Books PW1
Rp 40.000,- Rp 100.000,-

Rp 40.000,-
Selamat Datang di Website Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar

Sambutan Ketua Memperingati Paskah 2013

Sambutan Ketua Memperingati Paskah 2013


Teknologi dan Paskah

        Sudah tidak dapat disangkal bahwa kita hidup dalam dunia TI (Teknologi dan Informasi). Sampai-sampai iman pun sekarang penyebarannya melalui TI yaitu dari internet sampai media sosial. Namun sayang sekali penyebaran itu hanya kalimat yang pendek-pendek saja dan tidak menggambarkan konsep utuh keimanan. Bahkan yang menyedihkan, ada informasi pendek lalu disebarkan ke mana-mana, apalagi penggunaan media bbm (blackberry messenger) yang mudahnya meng-“copy-paste” dan melakukan “broacast” dengan cepat, kurang dari satu menit. Sebagai contoh baru-baru ini saya banyak menerima bahan via bbm bahwa “Easter” itu tidak tepat digunakan karena berasal dari dunia dewa dan sekuler (pagan). Akhirnya, banyak orang menjadi bingung karena penjelasannya pendek sekali, padahal di satu sisi sudah ada tradisi di kalangan orang Inggris (Anglo Saxon) mengambil kata itu dengan menggantinya dengan peristiwa pengorbanan dan kebangkitan Yesus Kristus. Jadi itu sudah lumrah terjadi, peminjaman kata dan maknanya diganti dengan prinsip kebenaran Firman Tuhan. Namun, pemaparan pendek itu telah membingungkan iman kita. Dan masih banyak lagi contoh yang lain.

Lebih menyedihkan lagi bahwa media sosial dipakai untuk menjatuhkan suatu pelayanan atau pemimpin gereja. Sebut saj ada pendeta korupsi, selingkuh dan seterusnya. Seandainya pun berita itu benar, apakah hak kita untuk menyebarkannya sebelum kita menelitinya lebih jauh? Ingat, berita di internet dan media sosial penuh dengan sampah, sehingga kita harus bisa memilah dengan melakukan investigasi yang mendalam, apalagi menyangkut nama baik seseorang. Jangan merasa bahwa kita memegang bb (blackberry) atau smartphone lainnya, kita berhak menyebarkannya tanpa penyelidikan sendiri. Alasannya, yang mengirimkan ke kita adalah orang yang dipercaya atau atasan kita. Ingat orang Indonesia baru melek internet, sehingga sekalipun itu level pemimpin belum tentu mengetahui seluk beluk rimba raya dunia TI.

Para pemimpin gereja harus mencerdaskan jemaatnya tentang bagaimana mengolah informasi yang masuk dan bagaimana menggunakan smartphone dengan cara-cara etika Kristen. Jangan sampai kita menjadi tukang fitnah modern dan melakukan gosip atas nama teknologi. Biasanya, saya tersenyum miris kalau ada informasi via bbm tentang kesehatan yang belum diverifikasi, ada produk obat yang dilarang atas nama Badan POM??, ada penyebaran HIV AIDS lewat makan buah yang dipotong penjual buah yang teriris tangannya, ada cacing masuk lewat sayur kangkung! Belum lagi ada doa yang harus dilanjutkan kepada 20 orang, dengan ancaman kalau tidak dilanjutkan Anda akan sial atau kena musibah. Saya selalu bertanya, mengapa logika kita tidak dipakai sebelum melanjutkan sebuah berita? Apakah berita ini masuk akal? Lalu apakah sudah ada konfirmasi tentang kebenarannya? Bagaimana caranya kita mengecek kebenaran sebuah berita? Untuk yang terakhir, jawabannya adalah kembali gunakan internet dan melihat pembandingnya di sana atau bertanyalah kepada ahlinya. Misalnya kalau informasi kedokteran, tanya kepada dokter dan seterusnya.

        Tentu pasti ada yang baik dari internet dan media sosial. Kita harus menggunakannya untuk memuliakan Tuhan dan penyebaran Injil-Nya. Saya sendiri banyak diberkati oleh TI, namun sudah waktunya kita memiliki filter sendiri (self-filter) dalam menyerap informasi dan semakin cerdas. Jangan mudah mem”forward” suatu berita tanpa mengecek kebenarannya dan Anda bertanggung jawab secara moral dalam menyebarkan ifnormasi, walaupun bukan bersumber dari kita.

        Akhirnya, Selamat Paskah untuk kita semua. Marilah kita merayakan kemenangan Kristus ini dengan menyaksikan kasih-Nya kepada dunia sampai kedatangan-Nya yang kedua kali dan gunakan teknologi dan informasi untuk kejayaan nama-Nya.

  

Alamat Sekolah
Jl. G. Merapi 103 Makassar, 90114
Sulawesi Selatan, Indonesia
Email: sttjaffray@yahoo.com
Telp. 0411-3624129
Fax. 0411-3629549

Kontak Pascasarjana:
Email: pascasarjana.sttj@ymail.com
Telp/Fax. 0411-3619757

Copyright © 2012 Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar. All Rights Reserved