# # # # # # # # # # # # #

New Books Release

sistem_teologi Cover_Buku_Peniel belajar
Rp 60.000,- Rp 40.000,- Rp 65.000,-
gereja Toraja Cover_Pengantar_Konseling
Rp 55.000,- Rp 40.000,- Rp 45.000,-

dr_daniel_ronda

Andrew_Brake_Books PW1
Rp 40.000,- Rp 100.000,-

Rp 40.000,-
Selamat Datang di Website Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar

PROGRAM PENGEMBANGAN ANAK HOLISTIK (PAH) UNTUK STRATA 2 PAH (MA OF HCD and M.Th of HCD)

LATAR BELAKANG

Pentingnya pengajaran terhadap anak mendapat perhatian penuh baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Para pemimpin gereja mula-mula, juga para pemimpin pendidikan modern semua setuju bahwa pengajaran kepada anak-anak sejak dini membentuk karakter mereka yang akan berpengaruh bagi mereka saat dewasa nanti.

Pada satu sisi pentingnya pelayanan kepada anak belum mendapat perhatian penuh dari para pemimpin Kristen atau gereja di masa kini. Hal ini dapat dilihat dari beberapa faktor berikut ini:

Para pemimpin Kristen atau gereja kurang melengkapi para pelayan anak menjadi pendidik-pendidik yang berkualitas dan berkompetensi, seperti: memiliki persfektif ”Hati Allah” terhadap pelayanan anak ; memiliki keterampilan untuk perencanaan strategis dan teknik dalam pengembangan anak secara holistik, serta memiliki keterampilan managerial agar dapat melayani dengan lebih efektif.

Para pemimpin Kristen atau gereja juga lemah dalam pelayanan di luar gereja atau komunitas. Multi krisis yang terjadi di Indonesia telah mengakibatkan bertambahnya anak-anak yatim, anak-anak jalanan, anak-anak pengungsi, tidak punya rumah, kurang pendidikan formal, banyak yang menjadi buruh anak dan diperjualbelikan. Anak-anak telah menjadi korban narkoba dan suka berkelahi sepertinya menjadi “trend” atau karakteristik anak-anak Indonesia sekarang ini. Para pemimpin Kristen atau gereja kurang merangkul dan menjangkau mereka.

Para pemimpin Kristen atau gereja belum melihat anak-anak dalam persfektif Allah, yaitu memahami ”Hati Allah” terhadap anak-anak, sehingga tidak menempatkan anak-anak menjadi “jantung” dalam pelayanan mereka, dan masih menjadikan pelayanan kepada anak sebagai “kelas dua” saja.

Itu sebabnya program ini ada untuk menolong para pemimpin Kristen, pelayan Kristen dan gereja supaya memiliki pandangan dan hati Allah terhadap anak. Selain itu para pemimpin Kristen, pelayan Kristen dan gereja akan lebih terlibat secara mendalam lagi dalam melayani anak-anak dan memperlakukan mereka sama pentingnya dengan pemuda dan orang dewasa, sehingga gereja dan lembaga pelayanan Kristen memiliki pelayanan yang berwawasan kepedulian kepada kehidupan anak.

TUJUAN PROGRAM

Tujuan program adalah secara akademik meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, karakter dan keterampilan para pelayan anak atau pemimpin Kristen supaya memiliki pelayanan yang berwawasan kepedulian kepada kehidupan anak secara holistik baik di dalam maupun di luar gereja.

SASARAN PROGRAM

Para penamat dari lulusan program ini akan sanggup memperlihatkan hal-hal berikut ini:
·    Memiliki persfektif “Hati Allah” terhadap pelayanan anak.
·    Memiliki visi dan misi secara global terhadap pelayanan anak.
·    Menghubungkan program-program dan strategi-strategi dari pengembangan anak Kristen kepada konteks misi.
·    Mengembangkan keterampilan managerial, perencanaan strategis dan teknik yang inovatif untuk meningkatkan pelayanan anak secara holistik.
·    Mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan dengan menjadi pengajar dan pelatih para pelayan anak serta menjadi pembimbing, pendamping dan pembela anak yang kompeten dan berbelaskasihan. .

STRUKTUR PROGRAM

Strata 2 Pengembangan Anak Holistik (MA of Holistic Child Development) adalah sebuah program akademik yang bekerja sama dengan Global Alliance for Advancing Holistic Child Development untuk mengembangkan para pemimpin Kristen yang melayani anak-anak. Program ini diperuntukkan bagi mereka yang telah memiliki pendidikan Strata 1 Teologi (dalam berbagai bidang konsentrasi) atau Strata 1 bidang ilmu yang lain (ada martikulasi yang harus diikuti). Untuk menamatkan program ini mahasiswa harus menyelesaikan bobot mata kuliah senilai 40 SKS. Semua materi mata kuliah akan diberikan dalam bentuk Modul. Ada 4 Modul yang harus diselesaikan dengan mengikuti 1 Modul per Semester selama 1 bulan penuh.


KOMPONEN PROGRAM
·    Program S-2 PAH (Pengembangan Anak Holistik) atau MA of HCD memiliki tiga jenis karakteristik mata kuliah yaitu: 1) Mata Kuliah yang berorientasi kepada Formasi Pemikiran Teologi, 2) Mata Kuliah yang berorientasi kepada Pengetahuan Teori-Praktis, dan 3) Mata Kuliah yang berorientasi kepada Pelatihan Keterampilan. Ini mengacu kepada Global Alliance HCD model program.

·    Program S-2 PAH diajarkan dalam berbagai Kategori Program yaitu: Kuliah di Kampus dan Belajar Kelompok (24 SKS); Praktek Personal (8 SKS); Mata Kuliah Pilihan sesuai minat (4 SKS) dan Riset Individu, Berpikir Kritis, Presentasi (4 SKS).

HCD1   HCD2

Ayo ikuti Pendaftaran MABA online S2 HCD

Contact Person:
Program Coordinator: Ev. Elisabet Selfina Ronda, MA
Office & HP No.: 0411-3624129; 08124243095
Email Address: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Kontak Pascasarjana:

Email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

Telp/Fax. 0411-3619757

  

Alamat Sekolah
Jl. G. Merapi 103 Makassar, 90114
Sulawesi Selatan, Indonesia
Email: sttjaffray@yahoo.com
Telp. 0411-3624129
Fax. 0411-3629549

Kontak Pascasarjana:
Email: pascasarjana.sttj@ymail.com
Telp/Fax. 0411-3619757

Copyright © 2012 Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar. All Rights Reserved